Slideshow

Kamis, 28 April 2011

RPP

 
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP 1 )

Sekolah                                   : SMPIT AR RAHMAH PACITAN
Mata Pelajaran                        : Bahasa Inggris
Kelas/ Smt                               : VII / 1

Standar Kompetensi               :
3.   Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan  lingkungan terdekat.

Kompetensi Dasar :
3.2 Melakukan interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang

Indikator:
  1.  merespon makna  tindak tutur menyapa orang yang belum/sudah dikenal
  2. merespon makna  tindak tutur memperkenalkan diri sendiri / orang lain
  3. merespon makna  tindak tutur memerintah atau melarang
  4. Mengungkapkan makna tindak tutur menyapa orang yang belum/sudah dikenal
  5. Mengungkapkan makna tindak tutur memperkenalkan diri sendiri / orang lain
  6. Mengungkapkan makna tindak tutur memerintah atau melarang

Alokasi Waktu : 4 x 40 menit

I.                   Tujuan Pembelajaran :
Pada akhir pelajaran:
1.      Siswa dapat merespon makna  tindak tutur menyapa orang yang belum/sudah dikenal
  1. Siswa dapat merespon makna  tindak tutur memperkenalkan diri sendiri / orang lain
  2. Siswa dapat merespon makna  tindak tutur memerintah atau melarang
  3. Siswa dapat mengungkapkan makna tindak tutur menyapa orang yang belum/sudah dikenal
  4. Siswa dapat mengungkapkan makna tindak tutur memperkenalkan diri sendiri / orang lain
  5. Siswa dapat mengungkapkan makna tindak tutur memerintah atau melarang

II.                Materi Pembelajaran :

a.       Ungkapan untuk menyapa orang yang belum/sudah dikenal:
Greeting                                                          Response
o   Good morning/afternoon/evening             Good morning/afternoon/evening
o   How do you do?                                        How do you do?
o   How are you?                                           I’m fine. Thank you.


b.      Ungkapan untuk memperkenalkan diri sendiri / orang lain
o   Hello. My name is ....
o   Hello, I’m ....
o   Hi, this is my friend ....

c.       Ungkapan untuk memerintah atau melarang
Comment                                            Prohibition
o   Open your book.                           Don’t open your book.
o   Be careful.                                     Don’t be noisy.

d. Kosa kata terkait dengan materi:
      Misalnya                   : live, address, here, enter, house, far, there, tired, dll.
      Verb                         : come, do, read, open,walk, take, ride, dll
      To be                        : is, am, are
      Kata kerja bantu       : do, does
      Pronouns                  : I, you, we, they, he, she, it.
                                        Me, you, them, her, him, it.
                                        My, your, their, her, him, its.
                                        Mine, yours, theirs, hers, him, its.

III. Metode/ Tehnik, Media : PPP (Presentation, Practise, and Production)
            Kaset, CD, VCD

IV. Langkah-langkah kegiatan :

Pertemuan 1

a.       Kegiatan Awal
       * Do’a  (Iman dan takwa)
      * Salam dan tegur sapa ( Santun dan peduli)
              * Mengabsen siswa (Empati)
*Brainstorming materi terkait, misalnya:  Menyanyikan lagu “Good Morning” yang 
  digubah sendiri (Produktif  dan estetis)
  Lagu : (Mengambil lagu “Happy Birthday”)
                     Good morning to you
                     Good morning to you
                     Good morning everybody
                     Good morning to you

b.      Kegiatan Inti
·   Mendengarkan dialog transaksional dan interpersonal tentang ungkapan untuk menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang. (Cermat)
·   Membahas dialog transaksional dan interpersonal tentang ungkapan untuk menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain. (Mandiri, berpikir logis, kreatif, kerjasama)
·   Melengkapi  dialog transaksional dan interpersonal tentang ungkapan untuk menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain. (Cermat, kreatif dan logis)
·   Membahas jawaban siswa dengan guru. (Saling menghargai)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar