Silabus pembelajaran
Sekolah : SMP IT AR RAHMAH PACITAN
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Mendengarkan
memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | MateriPembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
1.1 Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : menyapa orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang | 1.Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan : Contoh : · -A : Good morning How are you ? B : Fine Thanks. Nice to meet you · -A : Hello, I’’m Nina B : Hi, I’m Reny Nice to meet you · -A : Don’t do that B : No. I won’t -A : Stop it B : Ok 2.Tata Bahasa Verb be Imperatives 3. Kosakata
| · Tanya jawab yang terkait dengan materi · Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang · Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang. · Menjawab / merespon pertanyaan tentang percakapan yg didengar. | Merespon ungkapan ungkapan 1. Sapaan orang yang sudah / belum dikenal 2. Perkenalan diri sendiri / orang lain 3. Perintah / larangan | 1.Tes lisan 2.Tes tertulis 3.Unjuk kerja | 1.Merespon ungkapan lisan 2.Pilihan Ganda 3.Melakukan perintah guru | Listen to the expressions and give your response. 1 .A: Good morning. B: ....................... 2. Listen to the expressions and choose the best option. A : “Hi, I’m Yeny,Nice to meet you B : ... a. oh, really ? b. Thank you so much c. It’s a pleasure d. Nice to meet you, Too 3. Give it to me ! | 2x40 menit | Script Bahan-bahan rekaman (kaset, CD , VCD ) |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) | ||||||||
1.2. Merespon makna dalam percakapan transaksional ( to get things done ) dan interpersonal (bersosialisasi ) yang mengunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk beriteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan | 1. Percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan sebagai berikut: Contoh : A : Where’s the book? B : It’s there. A : Thank you. B : You’re welcome. A : I’m sorry. B : it,s okay. A : Please..! B : All right thanks. | 1. Mendengarkan dan merespon percakapan tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf, kesantunan. 2. memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan topik materi 3. mendengarkan percakapan tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf dan kesantunan 4. mendengarkan gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan terkait. 5. menjawab / merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan | Merespon ungkapan-ungkapan : 1. Meminta dan memberi informasi 2. Ungkapan terima kasih 3. Permintaan maaf 4. Kesantunan | 1. Tes lisan 2. Tes tulis | 1.Merespon pertanyaan / ungkapan lisan 2.Menjawab pertanyaan lisan secara tertulis | 1.Listen to the questions / expression and give your answer / response orally. a. A: How many persons are in the conversation? B: ............ b. A: thank you so much. B: ............ 2 Listen to the questions / expressions and write your answer / response. a. A : What’s that ? B : ......... b. A: Sorry I’m Late. B: ......... c. A : Come in, please ! B : ... d. A : You are so kind. Thank you B : ... | 2x40 menit | Buku guru Script percakapan tulis Rekaman percakapan dalam kaset, CD , DVD, film |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) |
Silabus pembelajaran
Sekolah : SMP IT AR RAHMAH PACITAN
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Mendengarkan
Memahami makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.1 Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | 1. Teks fungsional pendek. Contoh:
- Sugar - Flour - Meat - Butter · Congratulations ! - Well done ! · Announcement ! · “ School will close tomorow since it’s the WAISAK day.” 2. Tata bahasa
3. Kosa kata
4. Ungkapan Baku
| 1. Tanya jawab yang terkait dengan materi 2. Membahas kosakata & tata bahasa: verb phrase yang berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat; noun phrase yang berkaitan dengan daftar benda/barang 3. Mendengarkan berbagai contoh teks fungsional pendek 4. Menjawab/merespon pertanyaan tentang : a. Isi teks yang didengar b. Tujuan teks fungsional c. Bentuk teks fungsional | 1. menentukan makna dalam teks lisan fungsional pendek berupa: - Instruksi - Daftar benda / barang (Shoping list ) - Ucapan selamat - Pengumuman 2. Mengidentifikasi tujuan teks fungsional 3. Mengidentifikasi bentuk teks fungsional | 1.Tes tulis 2.Tes Lisan | Pilihan ganda Jawaban Singkat | 1. Listen to the dialogue or expression or text and choose the right answer 2. What is the purpose of the teks? 3. What do you call this kind of teks? | 2x40 menit | Script percakapan Gambar benda-benda kebutuh-an sehari-hari Bahan rekaman (kaset, CD ,VCD ,dll) |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) |
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
2.2. Merespon makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | Teks fungsional pendek: Contoh: 1.- Congratulations ! - Well done ! 2. Announce ment ! “ School will close tomorow since it’s the WAISAK day 3. Come in ! 4. Things to bring along For camping - cooking utensils - tents - clothing Tata Bahasa :
Kosakata :
Ungkapan Baku
| 1. Mendengarkan dan merespon percakapan tentang makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan fungsional pendek berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement. 2. Memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan fungsional pendek lisan berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement 3. Mendengarkan teks-teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi terkait 4. Mengidentifikasi makna gagasan /interpersonal teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi 5. Menjawab pertanyaan- pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam materi teks | 1. Mengidentifikasi makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek berupa: - Instruksi - Shopping list - Greeting card - Announcement 2. Mengidentifikasi makna interpersonal teks lisan fungsional pendek 3.Mengidentifikasi makna tersirat dalam teks lisan fungsional pendek | 1. Tes lisan 2. Tes tulis 3. Unjuk kerja | Daftar pertanyaan Game Melengk-api T/F Pilihan ganda Menjodoh kan Respon dg tindakan | Listen and answer the questions orally! Listen and mention as many shopping list items as you can remember Listen to the announcement and fill in the blank spaces Write down T/F for the statements below Choose the best answer by crossing a, b, c, or d Match the statements in list A and B Listen to the instruction and do it! | 2x40 menit | Script teks funsional pendek lisan Dari buku teks Script teks fungsional pendek lisan yang ada dalam kehidupan nyata Rekaman kaset, CD , DVD, film |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) |
Silabus pembelajaran
Sekolah :SMP IT AR RAHMAH PACITAN
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : orang menyapa yang belum dikenal, memperkenalkan diri sendiri / orang lain, dan memerintah atau melarang | Percakapan Singkat Contoh: Memuat ungkapan-ungkapan sbb : A : Good morning How Are you? B : Fine thanks. A : Hi, I’m Rani B : Hello, I’m Nina. A : Go away ! B : Okay. A : Don’t be Noisy B : I won’t. Tata Bahasa Kalimat (+)(-)(?) Kosakata · Kata terkait tema · Kata terkait jenis teks Ungkapan Baku Okay Alright | 1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi. 2. Meniru ungkapan-ungkapan sapaan dan respon sapaan. 3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi. 4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog. 5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata. | Mengungkapkan berbagai tindak tutur: 1. Menyapa yang belum/sudah dikenal 2. Memperkenalkan diri sendiri/orang lain. 3. Memerintah/melarang | Unjuk kerja unjuk kerja Unjuk kerja | Tanya jawab Bermain peran Bermain peran | 1. Ask and answer your friend based on the picture 2. Perform the dialogue in front of the class! 3.Work in pairs A. Give instructions B. Does the Instructions and respond | 4x40 menit | Script percakapan Buku teks yang relevan Alat peraga Kartu peran |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) | ||||||||
3.2 Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dengan menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur : meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih meminta maaf dan mengungkapkan kesantunan | Percalapan singkat Contoh : Where is it ? It’s here. A. Thanks a lot. B. You’ re Welcome. A. I’ m sorry. B. It’s Okay. A. Please, come in. B. Thank you. Tata Bahasa Contractions I’m He’s She’s Kosakata · Kata terkait tema · Kata terkait jenis teks Ungkapan Baku Please Thanks a lot | 1. Mendengarkan dan memberi respon tentang introduction, tindak tutur terkaittopik materi yang akan disampaikan 2. Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang muncul dalam tindak tutur dengan topik materi yang akan disampaikan 3. Mendengarkan model percakapan yang menggunakan tindak tutur tentang topik materi yang disampaikan 4. Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan teman 5. Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan variasi-variasi atau kemungkinan-kemungkinan secara bebas | Bertanya dan menjawab tentang : 1. Meminta dan memberi informasi 2. Mengucapkan terima kasih 3. Meminta maaf 4. Mengungkapkan dan merespons kesantunan | Unjuk Kerja Unjuk Kerja Unjuk Kerja Tes Praktik | Tanya jwb Merespon dg singkat Bermain peran Games(20 Question) | 1. Ask and answer questions to your friends based on the situation given or picture 2. Respond to the following expressions 3.Read the dialog and perform it 4. a. Please guess, what is there in the box by asking questions b.Perform a role play with your friend about asking and giving information. Use the pictures provided | 4x40 menit | Script percakapan Buku teks berisi percakapan Alat peraga |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) Ketulusan ( Honesty ) |
Silabus pembelajaran
Sekolah : SMP IT AR RAHMAH PACITAN
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Berbicara
Mengungkapkan makna dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
4.1 Mengungkapkan makna tindak tutur fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | Teks Fungsional Pendek Berbentuk : · Intruction · Shopping list · Greetings · Announcement Tata Bahasa · Negative · Imperratives Kosakata · Kata terkait tema · Kata terkait jenis teks · | 1.Tanya jawab yang berkaitan dengan Materi 2.Menirukan ungkapan- ungkapan sesuai materi 3.Membahas kosakata dan struktur percakapan 4.Latihan memberi perintah, mengucapkan selamat, mengumumkan dengan singkat 5. Menggunakan ungkapan percakapan dalam situasi nyata | 1.Memberi instruksi 2.Menyebut daftar benda 3.Mengucapkan selamat 4.Mengumumkan dengan singkat | Tes lisan Unjuk kerja Unjuk kerja Unjuk kerja | 1.Membaha- Sakan gambar 2.Uji Petik 3.Uji Petik 4. Uji Petik | 1. Give an instruction based on the picture shown! 2. Mention 5 things you have in : a. Your bag b. your bedroom 3. What would you say to a friend : a. on his/her birthday b. in weekends c. if he/she has got the best in class 4. inform your friend about the coming flag ceremony through an announcement | 4x40 menit | 1.Buku teks yang relevan 2.Alat peraga 3.Rekaman kaset, CD ,VCD ,film 4.Rekaman percakapan otentik |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) | ||||||||
4.2.Mengungkapkan makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | 1. Teks fungsional berbentuk : · instruction · shopping list · greetings · announcement 2. Tata Bahasa · Quantifiers 3. Kosakata · Countable & Uncountable nouns 4. Ungkapan Baku · attention ! · Excuse /me | 1. Mendengarkan dan memberi respon introduction tentang makna gagasan teks lisan fungsional pendek sesuai topik materi yang akan disampaikan 2. Mendengarkan dan memberi respon penjelasan tentang kosakata, tatabahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverbs, shrort answer, istilah-istilah dalam teks fungsional pendek. 3. Mendengarkan model teks-teks lisan fungsional pendek 4. Menggunakan teks-teks fungsional pendek dalam simulasi 5. Mengidentifikasi makna gagasan teks-teks lisan fungsional pendek 6. Menjawab pertanyaan tentang makna gagasan teks fungsional pendek secara lisan | 1. Memberi insruksi secara lisan. 2. Menyebutkan daftar barang yang dibutuhkan. 3. Memberi ucapan selamat 4. Mengumumkan sesuatu | Tes lisan Tes lisan Unjuk kerja Unjuk kerja Tes lisan | Membahasakan gambar Uraian Uji Petik Uji Petik Menjawab pertanyaan | 1. Give instruction to your friend based on the picture. 2. Mention the things that you find in your bedroom 3. Congratulate your friend on his / her success in doing something 4. Tell your friend about the coming school holiday Listen to the texts and answer the questions orally. | 4x40 menit | Script of short functional text Buku teks Rekaman kaset, CD ,VCD , DVD, Fm Alat peraga |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) |
Silabus pembelajaran
Sekolah : SMP IT AR RAHMAH PACITAN
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 5. Membaca
Memahami makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
5.1 Membaca nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat | 1.Pronunciation kata dan Intonation: frasa, kalimat yang telah dipelajari 2.Teks fungsional pendek 1. cara membaca kata, frasa, kalimat. 2. pronunciation. 3. intonation | 1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation 2. Mendengarkan model membaca nyaring 3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model 4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar | 1. Melafalkan kata, frasa dan kalimat dengan baik dan benar 2. Membaca kata frasa dan kalimat dengan intonasi yang benar 3. Membaca nyaring dengan baik dan benar. | 1.Tes unjuk kerja 2.Observasi 3. Observasi | Uji petik membaca nyaring Lembar observasi Lembar Observasi | 1. Read the sentences loudly. 2. Read all the sentences loudly and carefully. 3. Read the text Loudly | 2x40 menit | Buku teks teks otentik |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) | ||||||||
5.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat | · Teks fungsional pendek berbentuk: 1. Instruksi 2. Daftar barang 3. Kartu ucapan 4. Pengumuman | 1. Tanya jawab yang terkait dengan materi 2. Menirukan membaca nyaring 3. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan 4. Membahas kosakata struktur kalimat, struktur bacaan, tujuan teks, dsb | 1. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks fungsional pendek berbentuk :
2. Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks yang dibaca 3. Membahas tujuan masing-masing teks fungsional yang telah dibahas. | Tes tulis Tes lisan Tes tulis Tes Lisan | Pilihan ganda Melengkapi kalimat/frase Menjawab pertanyaan Menjodohkan Jwb singkat | 1. a. Read the text and choose the correct answer. b-Complete the noun phrases stated in the sentences below! c. Answer the questionarry based on the text! 2. Match the text with the correct phrases 3. What’s the purpose of the text? | 4 x 40 menit | - Buku teks - Sumber bacaan lain yang relevan |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) |
Silabus pembelajaran
Sekolah : SMP IT AR RAHMAH PACITAN
Kelas : VII (tujuh)
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 6.Menulis
Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator Pencapaian Kompetensi | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Teknik | Bentuk Instrumen | Contoh Instrumen | ||||||
6.1 Mengungkap-kan makna gagasan dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | · Teks fungsional pendek berbentuk: 1. Instruksi 2. Daftar barang 3. Kartu ucapan 4. Pengumuman 5. Kalimat sederhana terkait materi dan jenis teks. · Tanda Baca · Spelling | 1.Membahas ciri-ciri jenis teks fungsional pendek 2.Membuat frasa, kalimat sesuai materi 3.Membuat teks fungsional pendek | 1.Melengkapi teks fungsional pendek 2.Menyusun kata/urutan kata menjadi kalimat yang padu 3.Menulis teks fungsional pendek | Tes tulis Tes tulis Tes tulis | 1.Mlengkapi a. Menyus-un Kata b. Menyu-sun Kalimat 2. Esai | 1. Complete the blank spaces of the following text! a. Arranged the ju mbled words into good sentences b. Arrange the jumbled sentences in a good order 2. Make a greeting card (choose the topic you prefer: Happy birthday, Wedding, Season’s greeting) | 6x40 menit | -Buku teks - Alat peraga - Lingkung-an sekitar yang terdapat pengumuman dan tanda peringatan |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) | ||||||||
6.2.Mengungkapkan langkah retorika dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat | 1. Teks fungsional pendek tentang : - Instruksi - Daftar barang - Kartu ucapan - pengumuman · Langkah retorika teks fungsional pendek | 1. Mendengarkan dan merespon penjelasan tentang ciri-ciri teks fungsional pendek 2. Menyusun kata dalam bentuk frasa benda 3. Menyusun kata, frasa dalam kalimat padu 4. Mengidentifikasi ciri-ciri teks fungsional pendek yang diberikan dengan bantuan guru 5. Mengidentifikasi ciri-ciri teks fungsional pendek yang diberikan secara mandiri 6. melengkapi teks fungsional pendek dengan struktur teks yang benar. 7. Menulis teks fungsional pendek. | 1. Membuat teks fungsional pendek 2. Menggunakan langkah retorika dalam menulis teks fungsional pendek | Tes tulis Tes tulis | Melengkapi Esai Project Uraian | 1. Complete the blank spaces of the short text. 2a. Write down an announcement based on the given situation b. Go to public places and find at least 10 written short texts c. Make a list of things you find in the following places 1. bedroom 2. bathroom 3. kitchen | 6x40 menit | Buku teks Alat peraga Pengumuman,instruksi, daftar barang,kartu ucapan otentik |
v Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines) Rasa hormat dan perhatian ( respect ) Tekun ( diligence ) Tanggung jawab ( responsibility ) Berani ( courage ) |
Mengetahui; Kepala Sekolah SMP IT AR RAHMAH PACITAN ( ARIF KURNIAWAN, S.Pd.I ) NIY ; ..................................... | Pacitan, ....................2011 Guru Mapel Bahasa Inggris, ( INUK KRISTIN UMARA, SPd. ) NIY ; ............................. |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar